Sutiyoso Mantap Maju Sebagai Calon Ketum PSSI


Mantan Gubernur DKI Jakarta, Sutiyoso memantapkan dirinya untuk maju dalam pemilihan ketua umum PSSI periode 2011-2015. Sikap ini ditegaskan setelah Komite Normalisasi memutuskan akan mentaati keputusan FIFA siang tadi.

"Besok (Jumat), Persija Jakarta dan The Jakmania akan mengantarkan langsung berkas pencalonan saya ke kantor PSSI," kata Sutiyoso saat dihubungi Kamis, 21 April 2011.

Namun demikian, Bang Yos--begitu Sutiyoso disapa--tidak akan ikut hadir saat mereka menyerahkan formulir pencalonannya tersebut. Pria yang menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta pada 1997-2007 itu mengatakan harus tampil sebagai pembicara di sebuah acara.

Sebelumnya, Sutiyoso memilih tak buru-buru mendeklarasikan pencalonan dirinya sebagai calon ketua umum. Mantan Ketua Umum PBSI itu memilih menunggu keputusan final dari FIFA terkait status empat calon yang sebelumnya dilarang FIFA untuk tak lagi maju dalam bursa pemilihan karena telah dianulir oleh Komite Banding pada 28 Februari lalu. Mereka adalah Nurdin Halid, Nirwan D. Bakrie, George Toisutta, dan Arifin Panigoro.

Siang tadi, FIFA mengirimkan surat kepada Komite Normalisasi, kembali menegaskan sikapnya bahwa keempat calon itu tak boleh maju. Tak hanya sebagai ketua umum, FIFA bahkan melarang mereka dipilih sebagai anggota Komite Eksekutif PSSI sekalipun.

"Saya pikir semua harus menerima keputusan FIFA. Jangan sampai ada kongres tandingan," kata Bang Yos. "Kongres tandingan hanya membuat FIFA menghukum Indonesia dan timnas tidak akan bisa tampil di SEA Games 2011. Saya berharap, pihak yang berkubu-kubuan sebaiknya berfikir realistis saja."

Mengenai peluangnya pada pemilihan nanti, Sutiyoso mengaku optimistis. Dia hakulyakin akan mendapat banyak dukungan dari anggota PSSI. "Mereka sudah tahu lah track record saya di dunia olahraga. Saya pernah mengurus Persija, basket, bulutangkis, dan menembak. Kalau pemilihannya fair, saya pikir saya bisa dapat banyak dukungan," kata Bang Yos. (kd)

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...